Mengembangkan Inovasi Produk

| 0 comments

Di era persaingan yang ketat saat ini, inovasi seolah menjadi ujung tombak dari sebuah perusahaan. Coba lihat sekeliling kita, begitu banyak produk yang sepertinya “seragam”, semua nampak sama, semua sudah menjadi komoditas, tidak ada yang unik, tidak ada inovasi baru. Di sisi lain, pengusaha yang tidak dapat melakukan inovasi terhadap produknya, bisa diramalkan cepat atau lambat akan menggulung tikarnya. Oleh karena itu, tetaplah berinovasi dan mengembangkan produk baru!

Untuk menemukan produk baru, ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan, yaitu :

Mencari Material Lokal atau Sumber Lain

Bahan baku yang belimpah pada suatu daerah merupakan peluang usaha yang berkaitan dengan ketersediaan bahan baku tersebut. Misalnya, nanas yang melimpah di suatu daerah dapat dijadikan ide usaha untuk mengembangkan produk buah nanas kemas yang praktis.

Implikasi Teknologi Terbaru

Kemajuan teknologi dalam berbagai bidang sering memunculkan produk baru atau memunculkan kebutuhan akan produk baru. Contohnya, munculnya iPad membuka peluang usaha untuk mengembangkan produk case iPad.

Menggunakan Daftar-daftar Industri

Daftar industri dapat menunjukkan produk-produk apa saja yang sudah ada di pasar. Dengan menggunakan daftar ini akan memunculkan ide pengembangan produk berkaitan dengan produk yang belum dibuat oleh industri yang sudah ada atau perbaikan dari produk yang sudah ada.

Menunjungi Pameran

Pameran yang dilakukan oleh akademisi maupun praktisi akan membuka wawasan dan gagasan mengenai produk baru. Dengan mengunjungi pameran dapat dilakukan komunikasi langsung dengan penemu teknologi atau produk terbaru lainnya.

Hasil Penelitian Orang Lain

Cara ini tidak membuang banyak energi dan biaya, karena temuan teknologi dapat kita ketahui dari belakang meja. Dengan berlangganan jurnal atau majalah atau menggunakan fasilitas internet, kita akan mendapat banyak sekali informasi terbaru seputar riset yang sudah dilakukan oleh orang lain yang mungkin akan memberikan kita gagasan untuk mengembangkan produk baru.

Sumber : http://katapengusaha.com/2012/10/mengembangkan-inovasi-produk/

Leave a Reply

Required fields are marked *.