Kenali Bakat Bisnis Pada Diri Anda

| 0 comments

Bakat adalah kemampuan alami yang dimiliki oleh manusia seperti berbagai jenis kreatifitas.

Permasalahan yang selama ini sering dijumpai adalah kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana cara mengetahui bakat yang terpendam. Mungkin pernah bakat itu muncul  ke permukaan tapi banyak yang tidak menyadarinya.

Coba Anda tanyakan kepada teman, sahabat, atau mungkin yang lainnya, apa bakat alami yang dimiliki oleh mereka, kemungkinan besar jawabannya beragam dan pastinya ada yang menjawab tidak tahu. Wajar karena biasanya mereka tertutup dengan hal-hal yang terkait dengan talenta yang tersembunyi dalam diri mereka masing-masing.

Siapapun pasti akan senang jika bisa menemukan talenta dalam dirinya. Jika mampu mengenali bakat sendiri, kemungkinan besar akan berguna bagi Anda dalam setiap aspek kehidupan seperti kewirausahaan.

Berikut 5 cara mudah mengenali bakat bisnis pada diri Anda:

1. Coba temukan bisnis yang menarik minat Anda

Dalam berbisnis memang tidak segampang membalikan telapak tangan. Banyak faktor yang memengaruhi ketidak berhasilan seseorang dalam menjalankan usaha. Salah satu faktor itu karena para pebisnis hanya ikut-ikutan saja alias tidak sesuai dengan minat. Maka tidak sedikit para pebisnis yang bertahan hanya seumur jagung.

Coba Anda berusaha mengenali bakat bisnis yang ada pada diri Anda dengan mencari bisnis yang menarik minat Anda sendiri. Bisa di contohkan seperti Anda minatnya berbisnis pakaian jadi karena Anda menyukai bisnis ini dan menguasai seluk-beluk tentang pakaian, sehingga bisnis  yang Anda bisa jalankan bisa maju dan berkembang.

2. Coba dengarkan masukan orang lain

Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan “Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan kelihatan”. Ternyata ungkapan ini juga berlaku untuk melihat bakat yang tersembunyi pada diri sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa orang lain itu biasanya jauh lebih tahu di banding Anda. Banyak sahabat yang mengatakan bahwa Anda cocok dengan bidang tertentu. Hanya saja selama ini Anda mengabaikannya dan tidak menganggap serius.

Selain itu, coba tanyakan kepada siapapun yang Anda pikir bisa memberikan penilaian yang obyektif. Menanyakan tidak selalu kepada sahabat terdekat, kemungkinan  besar mereka tidak obyektif. Minta kepada mereka mengabaikan kebiasan-kebiasan buruk Anda, yang Anda butuhkan adalah kelebihan dari diri Anda untuk menggali bakat tersembunyi.

Sebisa mungkin coba usahakan dengan pertanyaan secara langsung ‘Menurut kamu apa bakat aku?’. Coba tanyakan secara terpisah dan dicatat. Setelah semua jawaban terkumpul perhatikan sesuatu yang paling sering disebutkan. Jika jumlah orang yang Anda tanyakan cukup banyak, dan dalam persentasenya mencapai 90% mengatakan yang sama, itu adalah bakat tersembunyi pada diri Anda.

3. Coba temukan sesuatu yang paling Anda sukai

Sesuatu yang Anda sukai itu biasanya bisa lewat hoby, seperti olahraga, menulis, atau yang lainnya. Aktifitas itu sangat ingin Anda lakukan, tetapi selama ini tidak bisa berjalan dengan keterbatasan waktu, biaya, bahkan dengan alat yang digunakan. Besar kemungkinan aktifitas itu adalah bakat tersembunyi Anda.  Memang tidak ada jaminan jika bakat yang Anda sukai merupakan talenta yang tersembunyi, dan biasanya kerap ada diantaranya.

4. Coba telusuri sesuatu yang sering dibicarakan

Bakat itu bisa mencul di mana saja. Contoh jika Anda berkumpul bersama sahabat dan akan membicarakan sesuatu dengan topik pembahasan mengenai Iptek, tetapi dalam pembicaraan itu akan berujung kepada pembahasan mengenai bisnis  atau usaha. Bisa jadi aktifitas yang selalu berujung kepada bisnis atau usaha adalah bakat yang tersembunyi dan setidaknya terkait.

Bisa Anda bayangkan jika ternyata Anda berbakat untuk bidang tertentu, tetapi Anda lebih banyak berputar-putar dibidang lain. Itulah salah satu penyebab mengapa ada orang yang pada masa tertentu tiba-tiba saja menjalankan bisnis yang tidak pernah dilakukan sebelumnya dan menjadi  sukses.

Sumber http://www.marketing.co.id/blog/2012/12/21/kenali-bakat-bisnis-pada-diri-anda/

Leave a Reply

Required fields are marked *.